Blog articlecatalogue.com memberikan info teknologi, bisnis, life style , Properti, Olahraga dan Hiburan terkini

Monday, January 16, 2017

LINGKUNGAN YANG SEHAT DAN NYAMAN UNTUK BAYI

By Monday, January 16, 2017 , No comments
Pertumbuhan Perkembangan Bayi Szchanto.com Zwitsal
Bayi memerlukan banyak hal agar mereka tumbuh dan berkembang dengan baik. Apalagi saat bayi merupakan masa emas (golden age) bagi seorang anak.
Selain nutrisi yang bisa mereka dapat dari Air Susu Ibu (ASI) serta makanan pendamping ASI, pertumbuhan dan perkembangan bayi juga ditentukan dari lingkungan tempat dia dibesarkan. Bayi harus memiliki lingkungan yang sehat dan nyaman sebagai tempat untuknya tumbuh dan berkembang. Lalu apa saja tanda-tanda sebuah lingkungan itu sehat dan nyaman bagi bayi?

1. Kebersihannya terjaga
Bayi sangat sensitive terhadap debu. Jadi pastikan kamar tidur serta tempat bermainnya bebas debu. Rajin-rajinlah membersihkan kamar bayi dan lakukan sedetil mungkin.

2. Sirkulasi udara baik
Hal ini memastikan bahwa bayi mendapat cukup oksigen sehingga dia tidak akan sesak nafas ataupun merasa pengap di kamarnya.

3. Suhu harus terjaga
Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin bisa memengaruhi bayi, terutama pada segi kesehatannya. Jika udara terlalu panas maka bayi akan banyak berkeringat sehingga menimbulkan biang keringat yang tentunya sangat tidak nyaman bagi bayi, sedangkan jika terlalu dingin kulit bayi bisa menjadi kering dan dia mungkin akan lebih sering buang air kecil. Anda bisa menggunakan kipas angin atau AC di kamarnya namun jangan diarahkan langsung ke bayi dan sesuaikan juga dengan kondisi bayi.

4. Kondisinya aman dan nyaman untuk dia bermain
Tempat bermainnya haruslah aman dan nyaman agar tidak mengganggu tumbuh kembangnya. Jika rumah Anda terletak dekat jalan raya dan bayi Anda sudah mulai merangkak atau bahkan sudah mulai berlari maka Anda harus pastikan pintu rumah Anda terjaga. Minimal Anda bisa membuat pagar kecil yang tidak bisa dilewati oleh bayi sehingga dia tidak bisa keluar. Walaupun rumah Anda tidak terletak dekat jalan, hal ini juga bisa Anda lakukan sebagai langkah antisipasi agar bayi Anda tidak bisa keluar sembarangan.

5. Keberadaan benda-benda terjaga
Benda-benda kecil yang mudah tertelan harus dijauhkan dari bayi. Benda-benda berukuran besar juga harus diatur sepintar mungkin agar tidak bisa terjatuh tiba-tiba saat bayi sedang berada di dekatnya.

6. Kabel-kabel listrik dan peralatan listrik lainnya tidak terjangkau oleh bayi
Ini tentu saja sangat berbahaya mengingat keselamatan bayi akan sangat terancam apabila orang tua lalai dalam hal ini. Bayi bisa tersetrum sewaktu-waktu saat kita sedang tidak memperhatikannya. Maka dari itu aturlah instalasi listrik Anda dengan benar dan aturlah dengan hati-hati agar bayi Anda tidak bisa menjangkaunya.

Nah sahabat Szchanto.com Itulah tadi beberapa tanda lingkungan yang sehat dan nyaman bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi . Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment